Blogger Tricks

MATANYA

Sunday, February 25, 2007

Game: Kerjasama tim


12:56 PM |

Dalam sebuah pelatihan, peran pemandu dalam mendorong terbangunnya kekompakan antar peserta sebagai bagian dari sebuah tim sangat penting. Berikut beberapa game untuk memenuhi kebutuhan tersebut

Sepatu Lapangan
Permainan ini bermanfaat untuk mendorong proses kerjasama Tim, bahwa dalam sebuah tim setiap orang akan belajar mendengar pendapat orang lain dan merekam masing-masing pendapat secara cermat dalam pikirannya, sebelum memutuskan pendapat apa yang terbaik menurut kelompok.
Langkah–Langkah
1. Bagilah peserta ke dalam kelompok–kelompok kecil (5–6 orang), 1 orang akan menjadi pembicara kelompok.
2. Mintalah setiap kelompok untuk mendiskusikan tentang sepatu lapangan apa yang cocok untuk bekerja di ‘lapangan’ dan peralatan apa lagi yang dibutuhkan (waktunya sekitar 5 menit)
3. Mintalah pembicara kelompok untuk mengingat pendapat yang berbeda dan pendapat yang sama dari setiap orang di kelompoknya masing-masing.
4. Mintalah pembicara kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi ini sekaligus memperkenalkan nama anggota kelompoknya dan apa pendapat orang–orang tersebut mengenai topik diskusi di atas.
5. Setelah semua kelompok selesai, kemudian diskusikan : Apakah pembicara telah menyampaikan pendapat semua anggota kelompoknya secara tepat? Apa yang dikurangi? Apa yang ditambah? Apa yang tidak tepat.


Kalimat Sulit
Langkah–Langkah :
1. Siapkan beberapa kata, dan tulis setiap kata dalam sebuah kartu metaplan
2. Bagilah peserta menjadi dua tim
3. Letakkan kartu yang telah ditulisi tersebut di lantai (termasuk kata–kata yang saling berhubungan)
4. Kedua tim membuat kalimat dengan menggunakan kartu–kartu tersebut.
5. Seorang anggota tim memulai sebuah kalimat dengan kata yang pertama, yang lainnya mengikuti secara bergantian hingga kalimatnya selesai. Satu kata di dalam kalimat bernilai 5 poin bila kalimatnya benar.
6. Bila kalimatnya salah maka setiap kata yang salah kehilangan 5 poin. Bila seluruh kalimat menjadi tidak bermakna tim tersebut kehilangan 50 poin. Bila kalimatnya merupakan kalimat yang belum sempurna maka tim tersebut kehilangan 25 poin. Setelah setiap kalimat selesai, letakkan kembali kartu kata–kata untuk digunakan oleh peserta yang lain.


Kompak
Permainan ini bermanfaat untuk menghangatkan suasana dan membentuk suasana kerja dalam Tim.
Langkah–Langkah
1. Jelaskan kepada peserta aturan permainan ini
2. Bagilah peserta ke dalam 5–6 kelompok, yang penting satu kelompok terdiri dari 6 orang.
3. Mintalah masing–masing kelompok untuk membuat lingkaran dan satu orang anggota dari masing-masing kelompok untuk berdiri di tengah–tengah kelompoknya.
4. Katakan bahwa permainan ini untuk menguji kita, apakah di antara teman-teman dalam kelompok itu saling percaya kepada TIM KERJA KITA. Yang berdiri di tengah harus menutup matanya, dengan ditutup kain, kemudian menjatuhkan diri secara bebas kearah mana saja.
5. Sementara itu teman-teman dalam kelompoknya melingkar dan harus bertanggungjawab atas keselamatan teman yang di tengah tadi, karena permainan ini bisa–bisa akan memakan korban, maka jika yang di tengah menjatuhkan diri kepadanya dia harus siap dan bertanggungjawab untuk menahan dan melemparkannya kepada teman yang lain. Begitu seterusnya, dan minta siapa yang di tengah bisa bicara dengan cara bergiliran .


Bercermin
Langkah–langkah :
1. Minta setiap peserta untuk berpasangan, 1 orang menjadi bayangan di cermin dan 1 orang menjadi seseorang yang sedang berdandan di depan cermin.
2. Bayangan harus mengikuti gerak–gerik orang yang berdandan.
3. Keduanya harus bekerja sama agar bisa bergerak secara kompak dengan kecepatan yang sama.
4. Minta peserta untuk mendiskusikan apa pesan dalam permainan ini.


You Might Also Like :


0 comments: