Blogger Tricks

MATANYA

Saturday, February 24, 2007

Game: Menghangatkan Suasana


12:53 PM |

Dalam sebuah pelatihan, terkadang kita menghadapi suasana peserta pelatihan yang jenuh dan mengantuk. Hal ini bisa mempengaruhi dinamisasi proses latihan. Berikut beberapa game yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut

Badai Berhembus
(The Great Wind Blows)
Strategi ini merupakan icebreaker yang dibuat cepat yang membuat para peserrta latihan bergerak tertawa. Strategi tersebut merupakan cara membangun team yang baik dan menjadikan para peserta lebih mengenal satu sama lain.
Petunjuk :
1. Aturlah kursi–kursi ke dalam sebuah lingkaran. Mintalah peserta untuk duduk di kursi yang telah disediakan.
2. Jelaskan kepada peserta aturan permainan, untuk putaran pertama pemandu akan bertindak sebagai angin.
3. Pemandu sebagai angin akan mengatakan ‘angin berhembus kepada yang memakai – misal: kacamata’ (apabila ada beberapa peserta memakai kacamata).
4. Peserta yang memakai kacamata harus berpindah tempat duduk, pemadu sebagai angin ikut berebut kursi.
5. Akan ada satu orang peserta yang tadi berebut kursi, tidak kebagian tempat duduk. Orang inilah yang menggantikan pemandu sebagai angin.
6. Lakukan putaran kedua, dan seterusnya. Setiap putaran yang bertindak sebagai angin harus mengatakan ‘ angin berhembus kepada yang …………. (sesuai dengan karakteristik peserta, misal : baju biru, sepatu hitam, dsb)


Lempar spidol
Permainan ini bertujuan untuk menghangatkan suasana dan menghilangkan kekakuan antar peserta dan pemandu dan antar peserta sendiri . Pelajaran yang bis adipetik dari permainan ini adalah perlunya sikap hati–hati dan cepat tanggap.
Langkah–Langkah :
1. Mintalah semua peserta berdiri bebas di depan tempat duduk masing-masing.
2. Minta peserta bertepuk tangan ketika anda melemparkan spidol ke udara, dan pada saat spidol anda tangkap lagi dengan tangan, semua peserta serta merta diminta berhenti bertepuk tangan. Ulangi sampai beberapa kali.
3. Ulangi proses ke-2 dengan tambahan selain bertepuk tangan juga bersenandung. (bergumam ) : “Mmmmm….!”.
4. Ulangi proses ke–3 ini beberapa kali, dan setiap kali semakin cepat gerakannya, kemudian akhiri dengan satu anti klimaks : spidol anda tidak dilambungkan, tapi hanya melambungkan tangan seperti akan melambungkannya ke atas (gerak tipu yang cepat!). Amati: apakah peserta masih bertepuk tangan dan bergumam atau tidak
5. Mintalah tanggapan dan kesan, lalu diskusikan dan analisa bersama kemudian simpulkan.


You Might Also Like :


0 comments: